Selasa, 17 Januari 2012

BAB 6 PEMASARAN


PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN
                Pasar adalah tempat dimana pada umumnya barang atau jasa diperjual belikan.Sedangkan pemasaran adalah proses dimana pembeli dan penjual saling berinteraksi untuk menenetukan atau menetapkan harga keseimbangan.Dapat dikatakan pemasaran adalah keseluruhan permintaan dan penawaran barang,jasa,atau faktor produksi tertentu.Pemasaran dapat dikatakan proses distribusi barang dan jasa hasil produksi kepada konsumen.

JENIS-JENIS PASAR
1.    PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
· Jumlah pembeli dan penjual banyak
· Barang dan jasa yang diperjual belikan bersifat homogen
· Factor produksi bebas bergerak
· Pembeli dan penjual mengetahui keadaan pasar
· Bebas dari campur tangan pemerintah

2.    PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga,serta satu atau beberapa pembeli yang menguasai pasar atau harga.
BENTUK-BENTUK PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA :
·   Monopoli
Ciri-ciri :
·  Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli
·  Tidak ada perusahaan yang membuat barang substitusi yang sempurna.
·  Rintangan cukup kuat untuk masuk ke pasar monopoli
·  Pembeli tidak punya pilihan lain dalam membeli barang.
·  Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan.
·  Harga ditentukan oleh perusahaan,karena tidak memiliki pesaing

·   Oligopoli
Ciri-ciri :
·  Hanya ada beberapa perusahaan yang mendominasi pasar secara umum
·  Terdapat rintangan yang kuat yang masuk kepasar oligopoly
·  Ada produsen yang menawarkan barang serupa tetapi dengan fitur yang berbeda
·  Persaingan melalui iklan sangat kuat

· Oligopsoni
Oligopsoni adalah sebuah pasar dimana terdapat beberapa pembeli dengan penjual yang banyak.




· Pasar persaingan monoplistik
Ciri-ciri :
·  Terdapat banyak penjual tetapi tidak sebanyak dalam pasar persaingan sempurna.
·  Terdapat diferensiasi produk
·  Penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
·  Terdapat persaingan yang ketat dalam kualitas dan iklan.

KONSEP-KONSEP INTI PEMASARAN
KONSEP PEMASARAN
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

MANAJEMEN PEMASARAN
KEADAAN PERMINTAAN DAN TUGAS PASAR
       Permintaan mencerminkan banyaknya barang yang ingin dibeli konsumen pada harga tertentu.terdapat 3 keadaan permintaan dalam pasar yaitu :
Permintaan efektif yaitu pembeli butuh,mampu,dan mau membayar harganya
Pemintaan potensial yaitu permintaan yang memiliki kemampuan untuk membeli tetapi belum melaksanakan pembelian.
Permintaan absurd adalah permintaan yang tidak berdaya beli atau permintaan yang tidak disertai dengan kemampuan membayar.

TUGAS PASAR
·         Mempertemukan penjual dan pembeli untuk bertransaksi
·         Menyediakan barang,jasa,dan factor produksi lainnya sebagai bentuk yang diperjual belikan.
·         Menciptakan pembentukan harga
·         Menentukan jenis barang yang diperjual belikan
·         Menciptakan keadaan pasar sesuai dengan jenis pasar yang telah di tentukan
·         Menyalurkan segala bentuk kebutuhan manusia

FALSAFAH MANAJEMEN PEMASARAN
       Pemasaran adalah proses manajemen yang bertanggung jawab dalam mengidentifikasi,mengantisipasi,dan memuaskan keinginan konsumen,namun tetap dalam kondisi menguntungkan.Tujuan manajemen pemasaran adalah untuk dapat memastikan bahwa penjualan dengan jumlah tertentu akan tercapai.Target keuntungan perusahaan sebagaimana telah di tetapkan di awal tahun anggaran debgan demikian dapat tercapai dengan baik.

BAURAN PEMASARAN
·         Produk
Unsur pertama adalah produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian terhadap karakteristik konsumen yang di targetkan.Konsep produk benar-benar memperhatikan keinginan konsumen.

·         Harga
Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam menentukan harga adalah apa tujuan pembuatan suatu produk yang akan diberi harga tersebut.Pemberian harga juga tetap dipengaruhi oleh harga yang ditetapkan pesaing,serta biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi dan memasarkan.

·         Saluran distribusi
Distribusi sangat penting peranannya dalam memasarkan produk yang telah jadi.Semakin tersebar suatu produk dipasaran,maka semakin mudah para konsumen mendapatkannya.Dengan demikian produk tersebut akan meningkat pada akhirnya.

·         Promosi
Promosi sangat diperlukan karena adanya persaingan yang keras di antara produsen barang sejenis.Promosi dapat berbentuk promosi penjualan,periklanan,penjualan langsung,dan publikasi.Promosi penjualan adalah bentuk-bentuk rangkaian yang diciptakan oleh perusahaan agar konsumen membeli suatu produk tertentu.Penjualan langsung adalah upaya untuk memperkenalkan suatu produk langsung kepada konsumen.Sedangkan publikasi adalah unsur  lain dari promosi.Aktivitas tersebut lebih bersifat penyebarluasan nama baik perusahaan akibat pemberitaan di media massa,dan cenderung tidak bersifat komersial.

TUJUAN SISTEM PEMASARAN
·         Memaksimumkan Konsumsi
Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmurkan maksimum.
·         Memaksimumkan Kepuasan konsumen
Tujuan sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan
konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah ; belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada individu, kepuasan dari produk atau jasa
yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan, kepuasan yg diterima sesorang tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
·         Memaksimumkan Mutu Hidup

PENDEKATAN-PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI SISTEM PEMASARAN
Pendekatan Serba Sistem
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam system pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar