PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN
Pasar
adalah tempat dimana pada umumnya barang atau jasa diperjual belikan.Sedangkan
pemasaran adalah proses dimana pembeli dan penjual saling berinteraksi untuk
menenetukan atau menetapkan harga keseimbangan.Dapat dikatakan pemasaran adalah
keseluruhan permintaan dan penawaran barang,jasa,atau faktor produksi
tertentu.Pemasaran dapat dikatakan proses distribusi barang dan jasa hasil
produksi kepada konsumen.
JENIS-JENIS PASAR
1.
PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
·
Jumlah pembeli dan penjual banyak
·
Barang dan jasa yang diperjual belikan bersifat
homogen
·
Factor produksi bebas bergerak
·
Pembeli dan penjual mengetahui keadaan pasar
·
Bebas dari campur tangan pemerintah
2.
PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana
terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga,serta satu
atau beberapa pembeli yang menguasai pasar atau harga.
BENTUK-BENTUK PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA :
·
Monopoli
Ciri-ciri :
·
Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli
·
Tidak ada perusahaan yang membuat barang
substitusi yang sempurna.
·
Rintangan cukup kuat untuk masuk ke pasar
monopoli
·
Pembeli tidak punya pilihan lain dalam membeli
barang.
·
Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan.
·
Harga ditentukan oleh perusahaan,karena tidak
memiliki pesaing
·
Oligopoli
Ciri-ciri :
·
Hanya ada beberapa perusahaan yang mendominasi
pasar secara umum
·
Terdapat rintangan yang kuat yang masuk kepasar
oligopoly
·
Ada produsen yang menawarkan barang serupa
tetapi dengan fitur yang berbeda
·
Persaingan melalui iklan sangat kuat
·
Oligopsoni
Oligopsoni adalah sebuah pasar dimana terdapat beberapa pembeli dengan
penjual yang banyak.
·
Pasar persaingan monoplistik
Ciri-ciri :
·
Terdapat banyak penjual tetapi tidak sebanyak
dalam pasar persaingan sempurna.
·
Terdapat diferensiasi produk
·
Penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat
tertentu
·
Terdapat persaingan yang ketat dalam kualitas
dan iklan.
KONSEP-KONSEP INTI PEMASARAN
KONSEP
PEMASARAN
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan,
keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran,
transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara
kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan
dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang
kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih
mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang
didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
MANAJEMEN
PEMASARAN
KEADAAN PERMINTAAN DAN TUGAS PASAR
Permintaan mencerminkan
banyaknya barang yang ingin dibeli konsumen pada harga tertentu.terdapat 3
keadaan permintaan dalam pasar yaitu :
Permintaan efektif yaitu pembeli butuh,mampu,dan mau membayar harganya
Pemintaan potensial yaitu permintaan yang memiliki kemampuan untuk
membeli tetapi belum melaksanakan pembelian.
Permintaan absurd adalah permintaan yang tidak berdaya beli atau
permintaan yang tidak disertai dengan kemampuan membayar.
TUGAS PASAR
·
Mempertemukan penjual dan pembeli untuk
bertransaksi
·
Menyediakan barang,jasa,dan factor produksi
lainnya sebagai bentuk yang diperjual belikan.
·
Menciptakan pembentukan harga
·
Menentukan jenis barang yang diperjual belikan
·
Menciptakan keadaan pasar sesuai dengan jenis
pasar yang telah di tentukan
·
Menyalurkan segala bentuk kebutuhan manusia
FALSAFAH MANAJEMEN PEMASARAN
Pemasaran adalah proses
manajemen yang bertanggung jawab dalam mengidentifikasi,mengantisipasi,dan
memuaskan keinginan konsumen,namun tetap dalam kondisi menguntungkan.Tujuan
manajemen pemasaran adalah untuk dapat memastikan bahwa penjualan dengan jumlah
tertentu akan tercapai.Target keuntungan perusahaan sebagaimana telah di
tetapkan di awal tahun anggaran debgan demikian dapat tercapai dengan baik.
BAURAN PEMASARAN
·
Produk
Unsur pertama adalah produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian
terhadap karakteristik konsumen yang di targetkan.Konsep produk benar-benar
memperhatikan keinginan konsumen.
·
Harga
Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam menentukan harga adalah apa
tujuan pembuatan suatu produk yang akan diberi harga tersebut.Pemberian harga
juga tetap dipengaruhi oleh harga yang ditetapkan pesaing,serta biaya yang
dibutuhkan untuk memproduksi dan memasarkan.
·
Saluran distribusi
Distribusi sangat penting peranannya dalam memasarkan produk yang telah
jadi.Semakin tersebar suatu produk dipasaran,maka semakin mudah para konsumen
mendapatkannya.Dengan demikian produk tersebut akan meningkat pada akhirnya.
·
Promosi
Promosi sangat diperlukan karena adanya persaingan yang keras di antara
produsen barang sejenis.Promosi dapat berbentuk promosi
penjualan,periklanan,penjualan langsung,dan publikasi.Promosi penjualan adalah
bentuk-bentuk rangkaian yang diciptakan oleh perusahaan agar konsumen membeli
suatu produk tertentu.Penjualan langsung adalah upaya untuk memperkenalkan
suatu produk langsung kepada konsumen.Sedangkan publikasi adalah unsur lain dari promosi.Aktivitas tersebut lebih
bersifat penyebarluasan nama baik perusahaan akibat pemberitaan di media massa,dan
cenderung tidak bersifat komersial.
TUJUAN SISTEM PEMASARAN
·
Memaksimumkan Konsumsi
Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan merangsang
konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmurkan
maksimum.
·
Memaksimumkan Kepuasan konsumen
Tujuan sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasan
konsumen, bukan
konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah ; belum adanya
tolak ukur kepuasan dari produk pada individu, kepuasan dari produk atau jasa
yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan, kepuasan
yg diterima sesorang tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
·
Memaksimumkan Mutu Hidup
PENDEKATAN-PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI SISTEM PEMASARAN
Pendekatan Serba Sistem
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam system pemasaran
termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar