1. KEWIRASWASTAAN,WIRASWASTA,WIRASWASTAWAN
WIRASWASTAWAN
Wiraswastawan
adalah seorang yang memiliki pandangan ke depan,cemerlang,dan juga seorang yang
kreatif,ulet juga pantang menyerah sekaligus seorang yang sosialis.Wiraswastawan
adalah seorang yang dapat menciptakan produk dan peluang bisnis baru,dan berani
mengambil resiko terutama dalam hal keuangan..Seoarang wiraswastawan juga
memiliki banyak inovasi,menciptakan produk dan pasar baru serta menerapkan strategi
dan manajemen yang kreatif.
UNSUR-UNSUR
PENTING WIRASWASTA
·
Unsur
pengetahuan mencirikan
tingkat penalaran yang dimiliki seseorang. Pada umumnya unsur pengetahuan
banyak ditentukan oleh tingkat pendidikan orang bersangkutan.
·
Unsur
keterampilan pada umumnya
diperoleh melalui latihan dan pengalaman kerja nyata. Wiraswastawan yang
dilengkapi keterampilan tinggi akan mempunyai keberhasilan yang lebih
tinggi.
·
Unsur
kewaspadaan merupakan
paduan unsur pengetahuan dan sikap mental dalam menghadapi keadaan yang akan
datang. Kewaspadaan berkaitan dengan pemikiran atau rencana tindakan untuk
menghadapi sesuatu yang mungkin terjadi atau diduga yang akan dialami.
Sumber : http://aissabii.wordpress.com/
2. PERUSAHAAN KECIL DALAM LINGKUNGAN PERUSAHAAN
CARA
MEMASUKI PERUSAHAAN
·
Membeli perusahaan yang telah di bangun
·
Memulai perusahaan baru
·
Membeli hak lisensi
PERKEMBANGAN
FRANCHISING DI INDONESIA
KIAT-KIAT MEMILIH USAHA DENGAN CARA
WARALABA
· Pilihlah produk yang akan dijual, pemilihan produk harus disesuaikan
dengan lokasi tempat kita akan menjual produk waralaba kita. Meski sistem
waralaba yang kita beli memiliki track record yang baik tetapi jika ditempatkan
pada lokasi yang salah tidak akan mendatangkan keuntungan.
- Jika
produk sudah dipilih, langkah selanjutnya adalah menentukan
perusahaan waralaba tempat kita akan bermitra. Dengan banyaknya
perusahaan yang menawarkan kemitraan waralaba, membuat kita harus lebih
selektif. Lakukan survey ke lima sampai 10 outlet masing-masing mitra dari
perusahaan tersebut. Pastikan dari seluruh outletyang disurvey tersebut
memilki omzet bagus secara merata.
- Pelajari estimasi keuangan yang disodorkan pada penawaran secara
jeli. Jangan terlalu percaya
pada estimasi yang berlebihan. Pilih saja yang menawarkan estimasi secara
wajar dan rasional.
- Pastikan nama warala yang ditawarkan tidak dalam sengketa atau bermasalah dengan pihak lain. Jika
perlu brand dari waralaba yang dipilih sudah memiliki hak paten.
- Kenali kredibilitas dari pemilik brand waralaba tersebut dengan cara bertanya pada beberapa
orang/sumber yang cukup mengenalnya.
JENIS USAHA YANG POTENSIAL DIWARALABAKAN
Untuk usaha yang potensial untuk diwaralabakan
biasanya terdapat beberapa alternative diantaranya adalah waralaba dibidang makanan
dan minuman.Seperti sekarang ini waralaba makanan yang sedang popular adalah
waralaba makanan seperti bakso,kebab turki,dan makanan instan lainnya yang
menawarkan klezatan yang sama dengan aslinya tetapi dengan harga yang dapat
dijangkau oleh siapapun.Sedangkan usaha waralaba di bidang minuman yang sedang
popular adalah waralaba jenis minuman blended,kopi,dan jus yang beraneka
ragam.Waralaba seperti ini jelas sangat menguntungkan,karena jenis waralaba
tersebut sangat potensial dan menawarkan keuntungan yang tidak sedikit
tentunya.
CIRI-CIRI PERUSAHAAN
KECIL
·
Manajemen berdiri
sendiri
·
Investasi modal
terbatas
·
Daerah operasinya
lokal
·
Ukuran secara
keseluruhan relatif kecil
KEKUATAN DAN KELEMAHAN
PERUSAHAAN KECIL
KEKUATAN :
·
Motivasi yang tinggi
·
Fleksibelitas yang
lebih tinggi
·
Minimnya birokrasi
·
Melayani pasar
lokal/domestic
KELEMAHAN :
·
Keterbatasan modal
·
Masalah kepegawaian
·
Biaya langsung yang
tinggi
·
Keterbatasan varian
usaha
KEUNTUNGAN PERUSAHAN KECIL
1.
Modal minim. Jelas, modal yang
dibutuhkan tidak banyak. Berapa banyak? Mungkin dari ratusan ribu sampai
ratusan juta masih terhitung usaha kecil. Namun, pendapat saya, kecilnya modal
bukan alasan untuk tidak segera ACTION mulai usaha. Seberapa pun modal yang
dimiliki, anda bisa segera memulai usaha sendiri. Apalagi di bisnis internet, modal yang kecil bisa
dikembang-biakkan sampai mendapatkan income yang sangat besar.
2.
Tahan banting. Usaha kecil memiliki
kemampuan untuk bertahan. Terbukti di masa krisis lalu, usaha kecil tetap
survive dan mampu membantu menggerakkan ekonomi bangsa. Sifat tahan banting
dari usaha kecil ini memang sejalan dengan karakter entrepreneur yang melekat pada diri
pemilik usaha.
3.
Cepat ACTION. Sebab anda pemilik usaha
kecil, maka tak perlu tunggu lama untuk ambil keputusan. Andalah sang decision
maker. Anda pengambil keputusan apa saja yang harus di-ACTION-kan untuk memajukan usaha anda. Kecepatan ACTION itu
juga bermanfaat dalam merespon kebutuhan pasar yang terus berubah.
4.
Lebih fokus pada konsumen. Usaha kecil biasanya lebih
fokus dalam melayanikonsumen. Mereka kenal siapa
pelanggan A, siapa pelanggan B. Karena mengenal pelanggan lebih baik, membuat
sebuah usaha kecil juga mampu melayani mereka dengan lebih optimal.
5.
Penuh tantangan. Memulai usaha kecil penuh
dengan tantangan. Bukan berarti usaha besar tak ada tantangannya. Tapi usaha
kecil dengan segala macam keterbatasannya, mesti berjuang untuk bisa survive.
Mesti memikirkan dan melakukan banyak hal, yang terkadang banyak tugas
dirangkap oleh pemilik usaha.
6.
Mudah beradaptasi. Karena tidak berhirarki
panjang seperti usaha besar, usaha kecil punya kemampuan adaptasi yang tinggi.
Kondisi pasar yang berubah, bisa dengan cepat diendus dan diselaraskan dengan
usahanya. Inovasi-inovasi baru, sekecil apapun itu, biasanya muncul dalam
kondisi tersebut.
7.
Ikut menggerakkan ekonomi masyarakat. Dari menyerap lapangan
kerja sampai ikut menggerakkan ekonomi sekitar, usaha kecil berperan penting.
Usaha jenis ini menjadi motor pertumbuhan ekonomi di lingkungannya.
8.
Inovasi. Usaha kecil biasanya sarat
dengan inovasi dalam mengembangkan bisnisnya. Inovasi itu dilakukan dalam
pengembangan produk, pemasaran, atau aspek internalnya. Inovasi juga lebih
lebih mudah dilakukan ketimbang di usaha besar yang biasanya memiliki struktur
organisasi dan proses kerja yang kompleks.
9.
Fleksibel. Usaha kecil punya sifat
fleksibel. Ini membuatnya mampu menyesuaikan dengan kondisi yang sedang
terjadi. Daya lentur usaha kecil ini yang membuatnya mampu bertahan dalam
persaingan usaha.
KELEMAHAN PERUSAHAAN KECIL
Kelemahan Usaha Kecil dan
Menengah yaitu masih terbatasnya kemampuan sumber daya manusia ; Kendala
pemasaran produk sebagian besar pengusaha Usaha Kecil dan Menengah Industri –
Dagang lebih memperioritaskan pada aspek produksi sedangkan fungsi-fungsi
pemasaran kurang mampu dalam mengaseskannya, khususnya dalam informasi pasar
dan jaringan pasar, sehingga sebagian besar hanya berfungsi sebagai tukang saja
; Kecenderungan konsumen yang belum mempercayai mutu produk Usaha Kecil dan
Menengah Industri – Dagang; Kendala permodalan usaha sebagian besar Usaha Kecil
dan Menengah Industri – Dagang memanfaatkan modal sendiri dalam jumlah yang
relatif kecil. Disamping itu mereka menjual produknya secara pesanan dan banyak
terjadi penundaan pembayaran.
CARA MENGEMBANGKAN PERUSAHAAN KECIL
·
peningkatan akses kepada aset
produktif, terutama modal, di samping juga
teknologi, manajemen, dan segi-segi lainya yang penting.
·
peningkatan akses pada pasar, yang
meliputi suatu spektrum kegiatan yang luas,mulai dari pencadangan usaha, sampai
pada informasi pasar, bantuan produksi, dan prasarana serta sarana pemasaran.
·
kewirausahaan, seperti yang telah dikemukakan di atas. Dalam hal ini pelatihanpelatihan mengenai
pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berusaha teramat penting.
Namun, bersamaan dengan atau dalam pelatihan itu penting pula ditanamkan
semangat wirausaha.
·
kelembagaan.Kelembagaan ekonomi
dalam arti luas adalah pasar.
Maka memperkuat pasar adalah penting, tetapi hal itu harus disertai
dengan pengendalian agar bekerjanya pasar tidak melenceng dan mengakibatkan
melebarnya kesenjangan. Untuk itu
diperlukan intervensi-intervensi yang tepat.
KEGAGALAN-KEGAGALAN PERUSAHAAN KECIL
·
manajemen yang kurang baik karena
keterbatasan professional
·
dana yang relative kecil membuat
kurangnya pengambilan tindakan
·
keputusan yang diambil hanya
keputusan pribadi bukan keputusan berdasarkan organisasi
PERBEDAAN
ANTARA KEWIRAUSAHAAN DAN BISNIS KECIL
Kewirausahaan dapat dipandang sebagai suatu perilaku
yang mencakup upaya-upaya seseorang dalam meraih kesempatan tanpa memandang
seberapa besar sumber daya yang berada dibawah control orang tersebut.Sedangkan
bisnis kecil biasanya berprinsip “mendapatkan kesuksesan(laba) yang besar
dengan mengeluarkan sumber daya yang sedikit”.
kak,blog ucul bangetttt :3
BalasHapusterima kasih @marhamah :)
BalasHapus