DEFINISI AKUNTANSI
Menurut American
accounting association,akuntansi adalah suatu proses
mengidentifikasi,mengukur,dan mengkomunikasikan informasi ekonomi sebagai dasar
pertimbangan dan pengambilan keputusan oleh para pengguna informasi tersebut.
PENGERTIAN
AKUNTANSI
Akuntansi dapat
disebut pula proses yang produk akhirnya adalah informasi,yaitu laporan
keuangan.Informasi yang dihasilkan dari proses tersebut dapat digunakan untuk
pengambilan keputusan bagi para penggunanya.
FUNGSI AKUNTANSI
Akuntansi dapat
menyediakan informasi ekonomis dan memiliki arti penting bagi pihak-pihak
pemilik kepentingan terhadap perusahaan sebagia sumber informasi utama dalam
menilai dan mengambil keputusan berkaitan dengan perusahaan.
PIHAK-PIHAK YANG
BERKEPENTINGAN TERHADAP AKUNTANSI
1.
PIHAK INTERNAL
· Pemilik atau pemegang saham : menggunakan informasi
laporan keuangan untuk memastikan bahwa perusahaan dan kemampuan perusahaan
untuk membayar dividen.
· Manajer : menggunakan informasi laporan keuangan untuk
memastikan bahwa perusahaan telah mencapai sasaran yang ditetapkan sebelum masa
operasi.
· Karyawan : menggunakan informasi laporan keuangan
untuk memantau kinerja individu ataupun kelompok divisi serta kontribusi
terhadap hasil yang didapat oleh perusahaan.
2.
PIHAK EKSTERNAL
· Pelanggan : memanfaatkan laporan keuangan untuk
memastikan bahwa suatu perusahaan yang ia percaya memang memiliki kemampuan
permodalan untuk memenuhi barang yang ia butuhkan.
· Kreditor : menggunakan laporan keuangan untuk
memastikan kesanggupan suatu perusahaan untuk membayar hutang.selain itu
kreditor juga dapat menilai apakah perusahaan memang pantas untuk diberikan
kredit tambahan.
· Pemerintah : menggunakan informasi laporan keuangan
terkait dengan regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah.
PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI
· NILAI HISTORIS
Demi keandalan atas informasi maka nilai
aktiva dan kewajiban yang tercatat pada neraca adalah sebesar nilai
perolehannya atau nilai historisnya.
· PENGAKUAN PENDAPATAN
Pendapatan diakui apabila kewajiban dari
perusahaan dalam memberikan barang/jasa tersebut telah dilakukan dan pembayaran
atas barang/jasa yang telah diberikan oleh perusahaan telah terealisasikan.
· PENANDINGAN PENDAPATAN-BEBAN
Untuk setiap pendapatan yang diperoleh
maka terdapat pula beban yang harus dikeluarkan oleh perusahaan demi memperoleh
pendapatan tersebut.
· PENGUNGKAPAN PENUH
Informasi yang disajikan harus cukup
memadai bagi pembaca laporan keuangan untuk melakukan pengambilan keputusan.
PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN
Laporan
keuangan adalah hasil dari akuntansi yang berupa informasi,yang berfungsi untuk
mengetahui berbagai macam kondisi keuangan perusahaan.
ISI LAPORAN KEUANGAN
Isi
laporan keungan terdiri dari :
· Neraca
· Laporan laba rugi
· Laporan perubahan modal
· Laporan arus kas
BENTUK NERACA
Neraca adalah suatu daftar yang menggambarkan aktiva (harta
kekayaan),kewajiaban,modal yang dimiliki oleh suatu perusahaan pada suatu saat
tertentu.
Neraca dapat disusun dalam dua bentuk: yaitu
bentuk skontro dan bentuk staffel. Bentuk skontro, artinya menyusun harta pada
sisi kiri dan utang pada sisi kanan atau sebelahmenyebelah. Sedangkan bentuk
staffel sering disebut dengan bentuk laporan, yaitu menempatkan harta pada
bagian atas neraca dan utang dengan modal di bagian bawahnya. Coba Anda bedakan
kedua bentuk neraca berikut.
Perbedaan
neraca bentuk staffel dengan skontro adalah bentuk staffel disusun secara
vertikal. Harta pada bagian atas dan utang dengan modal pada bagian bawah.
Sedangkan bentuk skontro, harta (aktiva) pada sisi kiri, utang dan modal pada
sisi kanan.
LAPORAN LABA RUGI
Laporan yang menggambarkan hasil operasi perusahaan dalam suatu periode
waktu tertentu.
Unsur-unsur laporan laba rugi :
· Pendapatan usaha
· Pendapatan diluar usaha
· Beban usaha
· Beban diluar usaha
· Beban lain-lain
BENTUK LAPORAN LABA
RUGI
Format atau bentuk laporan
laba rugi dapat disajikan dalam 2 bentuk
SINGLE STEP
Yaitu bentuk laporan yang disusun dengan menggabungkan semua
penghasilan menjadi suatu kelompok dan semua biaya dalam satu kelompok lainnya
yang terjadi dalam suatu periode. Sehingga untuk menghitung laba rugi bersih
hannya memerlukan satu langkah yaitu mengurangkan total penghasilan dengan
total biaya. Selisih positif antara kelompok penghasilan dengan biaya disebut
dengan istilah penghasilan bersih atau laba, sedangkan jika selisih tsb
negative disebut dengan rugi.
MULTIPLE STEP
Yaitu bentuk laporan yang disusun secara bertahap penghasilan dan
beban disajikan sesuai dengan uturan aktivitas yaitu kegiatan usaha diluar
usaha dan luar biasa
Untuk menyajikan pos luar biasa seperti kebakaran, gempa, dan
sebagainya perusahaan dapat menganut salah satu dari 2 perlakuan berikut ini:
ALL INCLUSIVE
Pencatatan kerugian dari pos luar biasa tsb dapat disajikan dalam
laporan laba rugi, sedangkan dalam laporan laba yang ditahan hanya berisi net
income yang ditransfer dari laporan rugi laba deklarasi (pembayaran dividend),
penyisihan dari laba (appropriation of retained earning)
CURRENT OPERATING PERFORMANCE/NON CLEAN SURPLUS CONCEPT
Pecatatan kerugian dari pos luar biasa tidak boleh disajikan dalam
laporan laba rugi melainkan disajikan dalam laporan laba ditahan atau laporan
perubahan modal maka laporan laba rugi hanya menentukan hasil dari operasi
normal periode tersebut.
sumber: Arifin,johar dan Busono adi Wicksono, Komputer
Akutansi dng Microsoft excell dan Munawir,, analisa laporan keuangan
TUJUAN LAPORAN
KEUANGAN
Tujuan laporan keuangan adalah untuk
menyediakan informasi berkaitan dengan posisi keuangan,kinerja,serta perubahan
posisi keuangan suatu perusahaan,sehingga bermanfaat bagi sebagian besar
pembaca laporan keuangan dalam pengambilan keputusan ekonomi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar