Selasa, 17 Januari 2012

BAB 11 AKUNTANSI DAN LAPORAN KEUANGAN


DEFINISI AKUNTANSI
Menurut American accounting association,akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasi,mengukur,dan mengkomunikasikan informasi ekonomi sebagai dasar pertimbangan dan pengambilan keputusan oleh para pengguna informasi tersebut.

PENGERTIAN AKUNTANSI
Akuntansi dapat disebut pula proses yang produk akhirnya adalah informasi,yaitu laporan keuangan.Informasi yang dihasilkan dari proses tersebut dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bagi para penggunanya.

FUNGSI AKUNTANSI
Akuntansi dapat menyediakan informasi ekonomis dan memiliki arti penting bagi pihak-pihak pemilik kepentingan terhadap perusahaan sebagia sumber informasi utama dalam menilai dan mengambil keputusan berkaitan dengan perusahaan.

PIHAK-PIHAK YANG BERKEPENTINGAN TERHADAP AKUNTANSI
1.     PIHAK INTERNAL
· Pemilik atau pemegang saham : menggunakan informasi laporan keuangan untuk memastikan bahwa perusahaan dan kemampuan perusahaan untuk membayar dividen.
· Manajer : menggunakan informasi laporan keuangan untuk memastikan bahwa perusahaan telah mencapai sasaran yang ditetapkan sebelum masa operasi.
· Karyawan : menggunakan informasi laporan keuangan untuk memantau kinerja individu ataupun kelompok divisi serta kontribusi terhadap hasil yang didapat oleh perusahaan.

2.     PIHAK EKSTERNAL
· Pelanggan : memanfaatkan laporan keuangan untuk memastikan bahwa suatu perusahaan yang ia percaya memang memiliki kemampuan permodalan untuk memenuhi barang yang ia butuhkan.
· Kreditor : menggunakan laporan keuangan untuk memastikan kesanggupan suatu perusahaan untuk membayar hutang.selain itu kreditor juga dapat menilai apakah perusahaan memang pantas untuk diberikan kredit tambahan.
· Pemerintah : menggunakan informasi laporan keuangan terkait dengan regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI
· NILAI HISTORIS
Demi keandalan atas informasi maka nilai aktiva dan kewajiban yang tercatat pada neraca adalah sebesar nilai perolehannya atau nilai historisnya.
· PENGAKUAN PENDAPATAN
Pendapatan diakui apabila kewajiban dari perusahaan dalam memberikan barang/jasa tersebut telah dilakukan dan pembayaran atas barang/jasa yang telah diberikan oleh perusahaan telah terealisasikan.
· PENANDINGAN PENDAPATAN-BEBAN
Untuk setiap pendapatan yang diperoleh maka terdapat pula beban yang harus dikeluarkan oleh perusahaan demi memperoleh pendapatan tersebut.
· PENGUNGKAPAN PENUH
Informasi yang disajikan harus cukup memadai bagi pembaca laporan keuangan untuk melakukan pengambilan keputusan.

PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN
            Laporan keuangan adalah hasil dari akuntansi yang berupa informasi,yang berfungsi untuk mengetahui berbagai macam kondisi keuangan perusahaan.

ISI LAPORAN KEUANGAN
            Isi laporan keungan terdiri dari :
· Neraca
· Laporan laba rugi
· Laporan perubahan modal
· Laporan arus kas
BENTUK NERACA
Neraca adalah suatu daftar yang menggambarkan aktiva (harta kekayaan),kewajiaban,modal yang dimiliki oleh suatu perusahaan pada suatu saat tertentu.
Neraca dapat disusun dalam dua bentuk: yaitu bentuk skontro dan bentuk staffel. Bentuk skontro, artinya menyusun harta pada sisi kiri dan utang pada sisi kanan atau sebelahmenyebelah. Sedangkan bentuk staffel sering disebut dengan bentuk laporan, yaitu menempatkan harta pada bagian atas neraca dan utang dengan modal di bagian bawahnya. Coba Anda bedakan kedua bentuk neraca berikut.
Perbedaan neraca bentuk staffel dengan skontro adalah bentuk staffel disusun secara vertikal. Harta pada bagian atas dan utang dengan modal pada bagian bawah. Sedangkan bentuk skontro, harta (aktiva) pada sisi kiri, utang dan modal pada sisi kanan.
LAPORAN LABA RUGI
Laporan yang menggambarkan hasil operasi perusahaan dalam suatu periode waktu tertentu.
Unsur-unsur laporan laba rugi :
· Pendapatan usaha
· Pendapatan diluar usaha
· Beban usaha
· Beban diluar usaha
· Beban lain-lain
BENTUK LAPORAN LABA RUGI
Format atau bentuk laporan laba rugi dapat disajikan dalam 2 bentuk
SINGLE STEP
Yaitu bentuk laporan yang disusun dengan menggabungkan semua penghasilan menjadi suatu kelompok dan semua biaya dalam satu kelompok lainnya yang terjadi dalam suatu periode. Sehingga untuk menghitung laba rugi bersih hannya memerlukan satu langkah yaitu mengurangkan total penghasilan dengan total biaya. Selisih positif antara kelompok penghasilan dengan biaya disebut dengan istilah penghasilan bersih atau laba, sedangkan jika selisih tsb negative disebut dengan rugi.

MULTIPLE STEP
Yaitu bentuk laporan yang disusun secara bertahap penghasilan dan beban disajikan sesuai dengan uturan aktivitas yaitu kegiatan usaha diluar usaha dan luar biasa
Untuk menyajikan pos luar biasa seperti kebakaran, gempa, dan sebagainya perusahaan dapat menganut salah satu dari 2 perlakuan berikut ini:

ALL INCLUSIVE
Pencatatan kerugian dari pos luar biasa tsb dapat disajikan dalam laporan laba rugi, sedangkan dalam laporan laba yang ditahan hanya berisi net income yang ditransfer dari laporan rugi laba deklarasi (pembayaran dividend), penyisihan dari laba (appropriation of retained earning)

CURRENT OPERATING PERFORMANCE/NON CLEAN SURPLUS CONCEPT
Pecatatan kerugian dari pos luar biasa tidak boleh disajikan dalam laporan laba rugi melainkan disajikan dalam laporan laba ditahan atau laporan perubahan modal maka laporan laba rugi hanya menentukan hasil dari operasi normal periode tersebut.

sumber: Arifin,johar dan Busono  adi Wicksono, Komputer Akutansi dng Microsoft excell dan Munawir,, analisa laporan keuangan

TUJUAN LAPORAN KEUANGAN
            Tujuan laporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi berkaitan dengan posisi keuangan,kinerja,serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan,sehingga bermanfaat bagi sebagian besar pembaca laporan keuangan dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar