Senin, 01 Juli 2013

Analisis Jurnal "THE CAUSAL RELATIONSHIP BETWEEN INSURANCE AND ECONOMIC GROWTH IN NIGERIA (1986-2010)"

Tema               : Hubungan antara Variabel Asuransi terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Nigeria
Pengarang       : Taiwo Akinlo
Tahun              : 2013
Judul               : The Casual Relationship Between Insurance and Economic Growth in Nigeria (1986-2010)

Latar Belakang
Selama bertahun-tahun, sektor asuransi telah menyumbangkan pertumbuhan yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi diseluruh dunia. Pangsa pasar asuransi pada sektor keuangan telah meningkat selama bertahun-tahun. Hal tersebut tercermin dalam volume usaha perusahaan asuransi yang meningkat secara signifikan. Dalam beberapa penelitian hubungan atau korelasi antara tingkat pertumbuhan pasar asuransi terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara terdapat berbagai hasil yang berbeda.
Ada beberapa penelitian serupa yang menyatakan bahwa asuransi menyebabkan pertumbuhan ekonomi. Dan beberapa penelitian menyatakan bahwa perkembangan sektor asuransi akan menyebabkan pertumbuhan ekonomi, Patrick (1966). Penelitian yang dilakukan oleh Boon (2005), Arena (2008), dan Webb (2002) menemukan bahwa terdapat hubungan kausalitas yang berjalan satu arah dari perkembangan sektor asuransi untuk pertumbuhan ekonomi. Sementara penelitian yang dilakukan pada beberapa negara Austria, Kanada, Perancis, Italia, dan Jepang menunjukkan bahwa Ho dari hubungan kointegrasi ditolak. Sementara penelitian yang dilakukan oleh Catalan, Impavido dan Musalem (2000) tidak menemukan kausalitas di banyak negara OECD dan hasil yang beragam di negara-negara berkembang.

Masalah dan Tujuan
            Masalah dalam jurnal ini adalah menentukan hubungan kausalitas (sebab-akibat) antara tingkat perkembangan pangsa pasar asuransi dengan tingkat pertumbuhan ekonomi di Negeria selama tahun 1986-2010. Dimana variabel yang akan diuji adalah GDP (Gross Domestic Product) sebagai variabel endogen atau variabel yang dipengaruhi oleh tingkat perkembangan asuransi (variabel eksogen). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar peran sektor asuransi di Negeria menyumbangkan pertumbuhan ekonomi di Negeria. Penelitian menekankan periode penelitian pada periode 1986-2010. Serta menekankan beberapa variabel uji lainnya seperti, premi, tingkat PDB atau GDP, inflasi sebagai alat penentu hubungan kausalitas antara tingkat perkembangan asuransi dan tingkat pertumbuhan ekonomi di Negeria.

Metodologi
            Dalam penelitian ini peneliti menggunakan data sekunder. Data diperoleh dari Bank Sentral Nigeria khususnya bulletin statistik 2009. Data yang diperoleh merupakan data pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan inflasi, pertumbuhan suku bunga, dan data pertumbuhan tingkat premi. Serta peneliti juga memperoleh data modal dan tenaga kerja dari Biro Statistik Nasional, khususnya abstrak tahunan statistik 2009.
            Peneliti menggunakan metode uji statistik Dubin-Watson untuk menentukan regresi yang tersebar diantara variabel-variabel penelitian. Peneliti juga menggunakan metode KPSS (Kwiatowski Philip Schmid Shin 1992) untuk membedakan beberapa korelasi atau hubungan kausal yang timbul pada beberapa variabel. Untuk mencari kemungkinan hubungan jangka panjang antara variabel GDP, premi, suku bunga, serta inflasi, peneliti menggunakan metode uji Johansen and Juselius (1990). Sedangka uji kausalitas Granger akan menunjukkan bukti kointergrasi pada variabel-variabel penelitian.

Hasil Penelitian
            Hasil uji korelasi dengan metode statistik Skewness, Kurtosis, dan Jarque-Bera menunjukkan koefisiensi korelasi yang umumnya tinggi dan poasitif antara variabel sedangkan beberapa variabel lainnya menunjukkan korelasi yang negatif. Korelasi antara premi dan PDB menunjukkan koefisiensi sebesar 0,997. Hal ini menunjukkan bahwa kenaikan premi akan menyebabkan kenaikan peningkatan pertumbuhan ekonomi di Nigeria. Sedangkan pada variabel inflasi dan GDP terdapat korelasi yang negatif, hal ini menunjukkan bahwa inflasi berbanding terbalik dengan PDB. Pada variabel tingkat bunga dan GDP menunjukkan korelasi yang negatif. Inflasi dan suku bunga menunjukkan hubungan yang positif.
            Pengujian yang dilakukan dengan metode uji Eigenvalue Maximum menunjukkan bahwa ada satu hubungan kointegrasi antara GDP riil dan variabel lainnya. Artinya terdapat hubungan jangka panjang antara pertumbuhan eknomi dan variabel lainnya. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa premi dan suku ungan memiliki hubungan yang positif dengan pertumbuhan ekonomi, sementara inflasi memiliki hubungan negatif dengan pertumbuhan ekonomi.
            Pada uji Granger diperoleh hasil , bahwa suku bunga dan inflasi mempengaruhi pertumbuhan ekonomi jangka pendek. Sedangkan premi dan suku bunga dapat menyebabkan inflasi. Dan tingkat premi dan tingkat inflasi dapat disebabkan/ dipengaruhi oleh tingkat bunga. Juga terdapat hubungan kausalitas searah antara tingkat suku bunga terhadap PDB, dan inflasi terhadap PDB. Tetapi tidak ada hubungan kausalitas antara petumbuhan ekonomi dan tingkat premi. Kesimpulannya adalah bahwa akan terdapat hubungan kausalitas jangka panjang pada variabel inflasi, tingkat suku bunga, dan premi jika variabel yang dipengaruhi adalah PDB negara Nigeria.

Kesimpulan
            Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah terdapat hubungan pengaruh jangka panjang antara variabel-variabel penelitian. Premi dan suku bunga yang positif dipengaruhi oleh tingkat infalsi yang terjadi pada jangka panjang. Terdapat hubungan kausalitas dua arah antara premi dan tingkat suku bunga, premi dan asuransi. Sedangkan hubungan kausalitas satu arah terdapat pada variabel suku bunga, premi dan inflasi. Dan tidak ada hubungan kausalitas antara premi dan PDB.
            Pendapat yang dapat ditarik dari pengujian tersebut, bahwa dalam pengembangan jangka panjang pada sektor asuransi akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Nigeria. Rendahnya tingkat inflasi akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi Nigeria. Dan penurunan suku bunga akan menyebabkan penngkatan laju pertumbuhan dengan kemungkinan akan berdampak positif pada pengembangan asuransi.

Klik disini untuk melihat jurnal asli : the journal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar